Sosialisasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)

Jum’at (22/11) dilaksanakan Sosialisasi PLUT di Pendopo Kecamatan Godean. PLUT atau Pusat Layanan Usaha Terpadu dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman dulu disebut pojok konsultasi. Kegiatan ini dilakukan bergiliran di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman, sebagai bentuk sosialisasi dan perkenalan tentang PLUT yang baru dibentuk di Sleman bulan Oktober 2019.

Ditemui disela-sela pelayanan, salah seorang petugas Ibu Iva menyampaikan bahwa layanan konsultasi ini diberikan kepada pelaku UKM di wilayah kecamatan Godean meliputi 5 bidang yaitu pemasaran, kelembagaan, pembiayaan, SDM dan produksi. Pelaku usaha dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam mengelola usahanya dan akan diberikan solusi. Misalnya dalam hal pemasaran apakah mengalami kesulitan dalam penjualan, jika memungkinkan diberi arahan untuk dijual secara online. Dalam bidang kelembagaan akan diarahkan untuk mengurus perijinan misalnya PIRT dan sebagainya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan forkom kecamatan Godean, yang menginformasikan kepada anggota grup. Pelaku usaha yang datang akan diminta mengisi formulir keanggotaan dan secara langsung akan menjadi anggota grup dan berhak mendapatkan layanan informasi, lanjut Iva.

Sosialisasi ini merupakan agenda awal dan akan dilanjutkan dalam waktu yang akan datang jika dianggap diperlukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *