Sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika oleh Badan Kesbangpol DIY

Kamis (8/4) di Kapanewon Godean dilaksanakan sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika oleh Badan Kesbangpol Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain muspika peserta yang hadirdalam kegiatan ini antara lain dari tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna dan PKK.

Badan Kesbangpol DIY menetapkan target sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika adalah 12 Kapanewon di setiap Kabupaen/Kota pada tahun 2021. Latar belakangnya antara lain DIY memiliki masyarakat dengan berbagai agama, suku dan budaya. Implikasinya seringkali interaksi keberagaman tersebut menimbulkan gesekan di tengah masyarakat dan memunculkan potensi konflik, sehingga rasa kebhinekaan tunggal ika sangat penting untuk terus dipupuk dan diaplikasikan dalam setiap sendi kehidupan.

Adapun tujuan sosialisasi antara lain :

  1. Menyusun informasi detail tentang karakteristik dan pemahaman masyarakat di DIY tentang kebhinekaan tunggal ika serta kebijakan daerah yang mendukung kebhinekaan.
  2. Menyusun rumusan strategi, kebijakan, program dan kegiatan untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan kebhinekaan tunggal ika bagi seluruh lapisan masyarakat DIY
  3. Penanaman nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat Yogyakarta melalui kegiatan Kebhinnekatunggalikaan
  4. Memelihara Persatuan dan Kesatuan antar warga/masyarakat Yogyakarta
  5. Menciptakan kondisi Yogyakarta Berhati Nyaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *