Peresmian Gedung Praja Bhakti oleh Bupati Sleman

Rabu (12/8) Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si berkenan hadir untuk meresmikan gedung baru di kompleks kantor Kecamatan Godean. Dalam laporannya camat Godean Drs. H. Sarjono, M.Si menyampaikan bahwa gedung baru telah selesai dibangun dengan dana APBD Sleman tahun 2020 dan diberi nama Gedung Praja Bhakti. Nama tersebut sebagai perwujudan dan harapan semakin meningkatkan pengabdian pemerintah bagi masyarakat. Gedung Praja Bhakti memiliki beberapa fasilitas ruangan antara lain ruang gamelan, aula pertemuan, dan 7 ruang kerja. Satu buah ruang kerja di lantai satu akan digunakan untuk  kantor UPK dan showroom produk kelompok pemanfaat UPK, UMKM dan PPDI wilayah Godean. Sedangkan enam ruang di lantai dua akan digunakan untuk memfasilitasi ruang kerja bagi pendamping PKH, pendamping desa, PPK, Panwascam, relawan, dan forum HIMPAUDI.

Selanjutnya Camat Godean juga menyampaikan tentang kegiatan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) bahwa sejak berdiri tahun 2006. UPK dibentuk dari Program Pengembangan Kecamatan rehabilitasi pasca gempa dan berintegrasi dengan Program Nasional Peberdayaan Masyarakat (PNPM), sampai saat ini total aset yang dikelola telah mencapai Rp4.325.587.826,-  dari modal awal Rp970.500.000,-  atau meningkat 346%. Demikian juga dengan jumlah kelompok pemanfaat yang dilayani meningkat dari 60 kelompok degan 300 anggota, telah menjadi 207 kelompok dengan jumlah anggota 1.296 orang.

Berkaitan dengan pemberian bantuan sosial oleh UPK, dana sosial yang disalurkan UPK sejak tahun 2007 hingga saat ini secara total telah tersalur sebesar Rp506.687.457,-.  Untuk tahun ini, sesuai dengan hasil Musyawarah Antar Desa sebagai forum tertinggi pengelola dana, untuk dana sosial diarahkan untuk memberi alat-alat produksi usaha bagi 104 kelompok SPP dan bantuan kegiatan untuk ODGJ, dengan nilai yang dialokasikan sebesar  Rp80.274.351,-. Sarjono menambahkan kegiatan ODGJ hari ini dilaksanakan dalam bentuk gebyar ODGJ yang meliputi penampilan seni dari ODGJ, pemberian santunan bagi 280 ODGJ, penandatanganan kesepakatan bersama oleh Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat, talkshow serta sharing pengalaman dari ODGJ mandiri dan berprestasi.

Bupati Sleman sebelum meresmikan gedung Praja Bhakti memberikan sambutan dan apresiasi dengan keberhasilan UPK yang berprestasi menjadi juara ke dua se Kabupaten Sleman dan mengembangkan pengelolaan dana hingga meningkat menjadi 346% dalam waktu kurang lebih 14 tahun. Sri Purnomo juga memberikan semangat kepada peserta ODGJ yang hadir untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan dan untuk selalu optimis.

Di akhir sambutan Sri Purnomo menyampaikan dengan diresmikannya gedung Praja Bhakti diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan kecamatan Godean menjadi pusat pelayanan, pusat kebudayaan dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Setelah sambutan Bupati Sleman menandatangani prasasti dan melakukan pengguntingan pita dan berkeliling melihat setiap ruangan. Gedung Praja Bhakti pun telah diresmikan dan siap digunakan untuk beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *