Pelayanan Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA)

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak dan Peraturan Bupati Sleman Nomor 39 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 7 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 7 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melaksanakan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dengan dasar tersebut Pemerintah Kabupaten Sleman telah resmi melaksanakan sosialiasasi dan launching penerbitan KIA pada hari Selasa tanggal 28 November 2017. Tujuan KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. Sedangkan manfaat KIA adalah sebagai tanda pengenal/bukti diri sah dan untuk persyaratan berbagai kepentingan.

Adapun prosedur pelayanan penerbitan KIA yaitu mengajukan permohonan melalui kecamatan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Batasan usia terakhir terhadap kepemilikan KIA 17 tahun kurang 1 hari
  2. Pemberlakuan KIA diatur sebagai berikut :
  • 0 s/d 5 tahun tanpa foto
  • 5 s/d 17 tahun kurang 1 hari diterbitkan lagi dengan menampilkan foto pemilik KIA, setelah berumur 17 tahun diganti dan diterbitkan KTPel
  • Penerbitan KIA bagi anak s/d usia 17 tahun kurang 1 hari yang telah memiliki akta kelahiran dilakukan melalui pendataan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Permohonan penerbitan KIA bagi anak baru lahir sekaligus dapat diterbitkan akta kelahiran serta perubahan KK orang tua.

Persyaratan Penerbitan KIA antara lain:

Dinas menerbitkan KIA baru bagi anak kurang dari 5 (lima) tahun belum memiliki akta kelahiran bersamaan dengan kutipan akta kelahiran.

Dalam hal anak kurang dari 5 (lima) tahun sudah memiliki akta kelahiran tetapi belum memiliki KIA, penerbitan KIA dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:

  1. Fotocopi kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran asli
  2. KK orangtua/wali
  3. KTP el asli kedua orang tua/wali

Dinas menerbitkan KIA untuk anak usia 5 tahun sampai dengan usia 17 (tujuh belas) tahun kurang satu hari, setelah memenuhi syarat berupa:

  1. fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya
  2. KK asli orang tua/wali
  3. KTP el asli kedua orangtua/wali
  4. Pas foto anak berwarna ukuran 2×3 sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh Dinas bagi anak WNI yang baru datang dari Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *