Mari Berkreasi dengan Labu Kuning

Semarak Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 102 tahun 2018 mulai dirasakan oleh warga masyarakat. Hal ini terlihat dari semangat dan antusiasme ibu-ibu PKK Desa se Kecamatan Godean mengikuti lomba memasak dengan bahan baku labu kuning. Minggu (15/4) berbagai bentuk kreasi olahan basah dan kering disajikan untuk menarik perhatian juri dan mendapatkan hasil terbaik.

Sambutan Ketua Tim Monitoring Ny. Arif Haryono

Dalam sambutannya Ketua Tim Monitoring dari TP PKK Kabupaten Sleman Ny. Arif Haryono menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas partisipasi masyarakat. Hasil monitoring ke 7 (tujuh) Desa di Wilayah Kecamatan Godean hampir seluruh padukuhan mengikuti lomba memasak. “Keikutsertaan ibu-ibu dalam lomba menjadi salah satu indikator rasa memiliki dan mencintai Kabupaten Sleman. Dengan merasa memiliki diharapkan peran serta dalam membangun Sleman pun tinggi, ujarnya.”

Arahan Ketua TP PKK Kecamatan Godean

  Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba dilaksanakan berjenjang mulai PKK tingkat Padukuhan, PKK Desa, PKK Kecamatan dan terakhir tingkat Kabupaten Sleman yang direncanakan tanggal 3 Mei 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. 

Bertindak sebagai juri di tingkat Kecamatan adalah Guru Boga dari SMKN-2 Godean dan Petugas Gizi dari Puskesmas Godean I dan Puskesmas Godean II. Evaluasi setelah penilaian tim juri memberikan beberapa pesan antara lain labu kuning merupakan produk lokal yang mudah dan murah didapat dengan banyak kandungan nutrisi. Oleh karena itu diharapkan tidak hanya diolah ketika lomba namun juga untuk variasi makanan sehari-hari. Kreativitas dan rasa sudah beragam, bahkan sudah dimodifikasi dengan produk unggulan lain yaitu salak.

Pengumuman kejuaraan dilakukan diakhir acara dengan hasil sbb:

Lomba Olahan BasahJuara I Desa Sidorejo dengan jumlah nilai 1.210
Juara II Desa Sidoarum dengan jumlah nilai 1.191
Juara III Desa Sidoluhur dengan jumlah nilai 1.180

Lomba Olahan KeringJuara I Desa Sidokarto dengan jumlah nilai 1.210
Juara II Desa Sidoluhur dengan jumlah nilai 1.204
Juara III Desa Sidoagung dengan jumlah nilai 1.186

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *