Operasi Yustisi Sidang ditempat

Rabu (13/2) bertempat di halaman kantor Kecamatan Godean dilaksananakan Operasi Yustisi oleh tim gabungan dari Satpol PP, Polres Sleman, Polsek Godean, Pengadilan Negeri Sleman, Kejaksaan Negeri Sleman, PPNS dan Pol PP DIY. Kegiatan Pro Yustisi ini sebagai sarana Penegakan Perda 7/2009 Kab. Sleman tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Kabid. Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Kab. Sleman, Dedi Widianto, SH, M.Ec.Dev, M.Ec  menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini antara lain :

– Penegakan Perda 7/2009;

– Edukasi kepada masyarakat akan pentingnya melengkapi identitas diri;

– Pencegahan terjadinya laka lantas, tindak pidana lain guna kemudahan lidik/sidik

 

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah penindakan secara represif pro Yustisi namun tetap dengan mengutamakan aspek persuasif agar masyarakat yang sudah wajib KTP senantiasa melengkapi diri dengan membawa KTP. Adapun sasarannya yaitu  warga masyarakat yang tidak membawa KTP, karena KTP merupakan elemen yang melekat pada pemiliknya.

Urutan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut pengendara sepeda motor roda dua diberhentikan oleh anggota Polri kemudian diarahkan masuk ke halaman kantor kecamatan Godean untuk diperiksa petugas kepemilikan KTP nya. Bila tidak dapat menunjukkan KTP dilakukan penyelidikan oleh PPNS untuk disidang ditempat oleh hakim Pengadilan Negeri Sleman dan apabila dapat menunjukkan KTP diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *