Tagana Goes To School (TGTS)

Tagana atau Taruna Siaga Bencana adalah suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat.

Di Kecamatan Godean Tagana telah banyak melakukan kegiatan kemanusiaan dalam bencana dan kesejahteraan sosial, salah satunya adalah kegiatan  Tagana Goes To School (TGTS) di TK Pusposari 1 Sidomoyo pada Rabu (28/2).

TGTS adalah Kegiatan Tagana dalam bidang pendidikan Penanggulangan Bencana di sekolah sehingga apabila terjadi bencana, siswa, guru dan seluruh komponen yang ada di sekolah mampu menyelamatkan diri serta paham manakala terjadi bencana dapat menyelamatkan diri atau meminimalisir terjadinya korban jiwa.

Kepala Pelaksana Harian Unit Operasional Penanggulangan Bencana Kecamatan Godean Sudarmanto, SH menyampaikan  “keberadaan Tagana Kecamatan Godean sangat berarti guna antisipasi/penanggulangan bencana, karena Tagana memiliki fungsi ganda yakni edukasi dan rescue/evakuasi dalam penanggulangan bencana, ujarnya”.

Lebih lanjut Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Godean ini juga menyampaikan apresiasi dan harapan kepada Tagana Kecamatan Godean. “Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan dan kerjasama dengan unit operasional penanggulangan bencana, unit  pelaksana serta komunitas relawan senantiasa ditingkatkan guna menuju Godean tanggap dan siaga bencana, pungkasnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *