Gerakan Cinta Zakat dan Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Selasa (20/4) di Kapanewon Godean dilaksanakan kegiatan Gerakan Cinta Zakat dan Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Umum Setda Kabupaten Sleman, BAZNAS Sleman, Muspika Godean, Kepala KUA Kapanewon Godean, Kepala Jawatan Sosial, Kamituo se Kapanewon Godean serta Perwakilan penerima Baznas.

Panewu Godean Bapak Drs. Sarjono, M.Si dalam sambutannya mengharapkan umat Islam yang menjadi Pegawai dan para Pamong untuk berzakat sehingga masalah kemiskinan akan bisa teratasi melalui BAZNAS Kabupaten Sleman. Selain itu Pak Sarjono juga menyampaikan bahwa kegiatan Rois di Kapanewon Godean dilaksanakan setiap bulan dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama dari BAZNAS Kabupaten Sleman  Bapak Muhammad Iskandar, SE, ME menyampaikan beberapa poin antara lain saat ini  BAZNAS Kabupaten Sleman sudah mencapai target. Baznas Kabupaten Sleman memiliki Program Sleman Cerdas, Sleman Taqwa, bantuan kepada Rois, bantuan kaum disabilitas, santunan anak yatim dan bekerjasama dengan UMKM untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Sleman. Semua Program BAZNAS tersebut bisa jalan atas bantuan dan kerjasama kita semua. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Muhyi Darmaji, S.Ag, S.Pd.I yang menambahkan target BAZNAS Kabupaten Sleman yaitu 5 Program Baznas (Sleman Cerdas, Produktif, Sehat, Taqwa, Peduli). Kita akan membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) disetiap Kalurahan diwilayah Kalanewon diwilayah Kabupaten Sleman dan Kamituo supaya disampaikan kepada Lurah disetiap Kalurahan. Dalam rangka 105 Hari Jadi Kabupaten Sleman BAZNAS memberikan Bantuan kepada Fakir Miskin, Anak Yatim, Rois. Dan dalam direncanakan akan melaksanakan Pekan Zakat Panutan para Pejabat terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas, Instansi.

Sementara itu Kabag Umum Setda Kabupaten Sleman Bapak Drs. Suyudi, MM menyampaikan beberapa hal terkait Hari Jadi ke 105 tahun 2021. Masa pandemi kegiatan dibatasi dan dilakukan sesuai Protokol Kesehatan, Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh BAZNASdan kegiatan lain yang dilakukan  secara sederhana. Puncak Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sleman dipusatkan di Kapanewon Prambanan.

Diakhir acara diserahkan bantuan kepada Perwakilan Penerima Bantuan di wilayah Kapanewon Godean, sebagai berikut :

– Fakir Miskin : 75 orang
– Disabilitas : 25 orang
– Rois : 150 orang
– Kalurahan Sidorejo : 23 orang
– Kalurahan Sidoarum : 32 orang
– Kalurahan Sidoagung : 17 orang
– Kalurahan Sidomoyo : 16 orang
– Kalurahan Sidokarto : 19 orang
– Kalurahan Sidomulyo :19 orang
– Kalurahan Sidoluhur : 28 orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *