Peningkatan Kapasitas TPKJM Kapanewon Godean

Selasa (16/2) dilaksanakan Peningkatan Kapasitas Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Ruang Rapat Arjuna Kapanewon Godean. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kapanewon Godean dengan Yakkum. Narasumber Pelatihan Kegawatdaruratan Gangguan Jiwa Untuk TPKJM Kapanewon Godean kali ini dengan narasumber dari RS Ghrasia, yaitu Aspi Kristianti, SKM, MA dan Puji Sutarjo.

Pelatihan Kegawatdaruratan ini merupakan upaya untuk menyiapkan anggota Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Dukuh yang di wilayahnya ada ODGJ. Sehingga diharapkan jika ada tindakan ODGJ yang mengamuk, dan membahayakan keselamatan masyarakat petugas sudah memahami dan melakukan upaya-upaya untuk penanganannya.

Dalam paparannya ibu Aspi menyampaikan tata laksana umum pada kegawatdaruratan psikiatri mencakup hal-hal yang hasrus dihindari antara lain : mengancam, mentertawakan, menghakimi dan marah terhadap keluarga ODGJ. Sedangkan yang seharusnya dilakukan antara lain : berfikir dan bersikap kritis, tetap tenang, perlu kontrol terhadap perasaan bingung, aneh dan depresi, bersikap suportif, bicara dengan nada rendah suara menenangkan, jaga jarak aman, jangan membelakangi ODGJ, jangan terprovokasi pembicaraan ODGJ, tawarkan pilihan: mengontrol diri,minum obat atau dibantu dengan fiksasi, tegaskan bahwa perilaku kekerasan tidak diperkenankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *