Monev tertib Administrasi Kependudukan

Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman menyelenggarakan monitoring dan evaluasi tertib administrasi kependudukan dan pelayanan mobile. Kegiatan ini  merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan terdahulu yang meliputi sosialisasi, informasi dan rekam data administrasi kependudukan (sisir adminduk).

Di Kecamatan Godean monev dilaksanakan hari Rabu (23/10), mengambil sampel Desa Sidokarto dan Padukuhan Dukuh XIV. Tim Evaluasi dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Raden Rara Endang Mulatsih, S.Sos, M.Si, yang diterima oleh Sekretaris Kecamatan Godean Harsowasono, S.IP, MA. Adapun pedoman monev dan kriteria penilaian antara lain :

1. kesadaran kepemilikan dokumen adminduk meliputi kepemilikan KK, kepemilikan KTP el, kepemilikan akta pencatatan sipil;

2. kesadaran pemutakhiran data penduduk meliputi kelengkapan elemen data masing-masing penduduk dalam SIAK;

3. kesadaran melayani administrasi kependudukan meliputi ketersediaan dokumen pelayanan, kesesuaian pelayanan dengan standard pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan dan inovasi.

Setelah selesai melakukan monev di Kecamatan, tim kemudian melanjutkan kegiatan ke Desa Sidokarto dan Padukuhan Dukuh XIV. Di Padukuhan Dukuh XIV sekaligus dilaksanakan pelayanan keliling (mobile) perekaman KTP el, pelayanan akta kelahiran dan pelayanan akta kematian. Diakhir kegiatan diperoleh data jumlah pelayanan akta kelahiran sebanyak 32 buah, akta kematian 11 buah dan perekaman KTP el sebanyak 14 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *