Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Godean Minggu, 21 April 2013 yang lalu. Tahun ini kegiatan yang dilaksanakan sekaligus sebagai peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 97 dan peringatan hari Lansia tahun 2013. Jenis lombapun menyesuaikan, selain lomba memasak yang telah rutin dilaksanakan terdapat dua kegiatan lomba baru yaitu keluwesan berbusana jawa serta mewiru kain dan bebet. Dalam sambutan singkatnya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Godean menitipkan pesan  kepada para wanita walaupun secara hak telah sejajar dengan pria namun harus selalu ingat kodrat sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya. Menyinggung tentang lomba memasak bahan yang digunakan adalah tepung mocav (modifikasi cassava). Dan seperti tahun-tahun sebelumnya setiap Desa melaksanakan lomba antar Padukuhan di Balai Desa masing-masing. Pada tahap ini TP PKK Kabupaten Sleman melaksanakan monitoring. Pemenang di tingkat Desa kemudian dibawa ke Kecamatan untuk maju lomba antar Desa. Pada bagian lain sambutannya Ibu Risni Priyo Handoyo menyampaikan bahwa tahun ini diselenggarakan lomba keluwesan berbusana jawa untuk lansia dengan kriteria gagrag jogja dengan peserta usia 55 tahun keatas, dan mewiru kain dan bebet diperuntukkan bagi ibu-ibu anggota PKK yang dimaksudkan untuk nguri-uri kabudayan. Kemeriahan terlihat pada saat lomba keluwesan berbusana jawa untuk lansia. Para peserta tampak bersemangat dan percaya diri ke atas panggung dan bergaya seperti model tanpa malu-malu walaupun sudah lanjut usia. Acara ini diikuti oleh 18 peserta dan diambil 3 pemenang. Hadir pada acara tersebut Camat Godean beserta Sekcam dan para Kasi, Kepala Desa se Kecamatan Godean beserta Ketua TP PKK Desa serta anggota PKK se Kecamatan Godean. Dibagian akhir acara dibacakan pemenang dan pemberian hadiah lomba.

Pelayanan e-KTP Kecamatan Godean

Perekaman data penduduk melalui program e-KTP di Kecamatan Godean telah dimulai pada bulan Oktober 2011. Berdasarkan data yang dihimpun dari setiap Padukuhan jumlah penduduk wajib KTP adalah 48.711 orang. Dan hingga tanggal 29 Maret 2012 sejumlah 42.280 data penduduk telah berhasil di entri dan dikirim ke database pusat kependudukan Nasional atau 86,79%.

Secara umum sebanyak 77 Padukuhan telah selesai dilayani pada hari Rabu tanggal 21 Maret 2012. Namun karena beberapa alasan belum seluruh penduduk wajib KTP terlayani antara lain penduduk  yang lahir tahun 1995, faktor lanjut usia (jompo), sakit, bekerja diluar daerah dan ada beberapa yang belum terdaftar dalam database aplikasi  e-KTP.

Terlepas dari pencapaian itu, tidak menutup kemungkinan dalam proses perekaman data penduduk terdapat kekurangan. Untuk itu Pemerintah Kecamatan Godean menyampaikan permohonan maaf sekaligus mengucapkan terima kasih kepada para perangkat desa serta tak lupa kepada masyarakat atas kesadaran dan partisipasinya dalam turut mensukseskan program Pemerintah.

Selanjutnya disampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Godean masih membuka kesempatan kepada warga yang belum terlayani untuk melakukan proses perekaman data penduduk di Kantor Kecamatan Godean sampai 30 April 2012  setiap hari kerja yaitu :

Senin – Kamis     :     pukul 08.00 – 15.30 WIB

Jum’at                   :     pukul 08.00 – 14.30 WIB

Di publikasikan pada No Comments

Tanggapan atau Komentar anda?

Copyright Pemerintah Kabupaten Sleman © 2014 All Rights Reserved
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Kecamatan Ngemplak.
Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.
Total Reads:29830|Total Visitor:21180|User Online:0